Senin, 17 November 2008

Indonesia Juara Umum Olimpiade Matematika dan Sains

Indonesia Juara Umum Olimpiade Matematika dan Sains


MATARAM -- Siswa-siswa SD Indonesia layak dibanggakan. Untuk kali kelima, siswa-siswa SD wakil Indonesia kembali berhasil meraih juara umum dalam ajang olimpiada matematika dan sains internasional (International Mathematics and Science Olympiad/IMSO) tingkat sekolah dasar (SD) kelima. Indonesa menyabet 8 medali emas, 10 perak, dan 13 perunggu.

''Anak-anak kita pantas mendapatkan prestasi karena sudah berlatih sejak jauh-jauh hari. Prestasi ini juga kebanggaan kita di momen satu abad Kebangkitan Nasional,'' ujar Direktur Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Mandikdasmen) Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas), Suyanto, saat penutupan IMSO ke-5, Kamis malam (13/11).

Menurut Suyanto, Indonesia berhasil meraih medali terbanyak di antara sembilan negara peserta lainnya yakni Taiwan, Hongkong, Malaysia, Singapura, Thailand, Philipina, Brunai Darussalam, Srilanka, dan Nigeria. Indonesia juga sukses mengungguli saingan terberatnya Taiwan dan Singapura yang menduduki posisi dua dan tiga. ''Keberhasilan Indonesia untuk menjadi juara umum lima kali berturut-turut adalah kebanggaan yang pantas diraih putra-putri Indonesia,'' jelasnya.

Pada kontes yang sama tahun 2007 lalu, Indonesia mendapatkan 6 emas, 8 perak dan 12 perunggu. ''Tahun ini kita targetkan tetap juara umum. Ternyata berhasil dengan tambahan dua emas,'' ungkap Suyanto.Direktur Pembinaan TK-SD Mandikdasmen Depdiknas, Mudjito AK menambahkan, prestasi pelajar Indonesia yang gemilang ini bukan tanpa persiapan. Sejak Februari 2008 lalu, anak-anak itu sudah berlatih keras. ''Bahkan, beberapa di antaranya sudah mengikuti lomba serupa di Thailand pada akhir Oktober lalu dan menduduki posisi ketiga di bawah Cina dan tuan rumah Thailand,'' ujarnya.

Indonesia mengirimkan 36 peserta yang terbagi dalam dua kategori yakni matematika dan sains. Sementara total keseluruhan peserta dari sembilan negara lainnya ada 171 orang. Selain meraih medali terbanyak, beberapa siswa juga meraih predikat the best. Untuk kategory the best exploration dalam bidang matematika diraih Stevano Chiesa Suryanto. Kategori the best experiment untuk bidang sains diraih Valentino Sudarno.

IMSO merupakan arena kompetisi individual dalam bidang matematika dan sains yang cukup prestisius. Materi soal berdasarkan kurikulum jenjang SD, buku-buku yang relevan serta sumber-sumber relevan yang lain. Jenis tes yang diberikan adalah matematika dan sains. Keduanya meliputi tes teori, eksplorasi, dan eksperimen. mr-republika

Tidak ada komentar: