Senin, 19 Januari 2009

Ilmuwan Uji Coba Kokain pada Lebah

By Republika Newsroom
Ilmuwan Uji Coba Kokain pada Lebah

LEBAH: Diujicoba dengan kokain

BEIJING -- Beberapa ilmuwan Australia telah melakukan penelitian guna mengetahui dampak kokain pada lebah. Sivitas akademika di Macquaire University menggunakan setetes cairan kokain ke punggung serangga tersebut dan memantau sistem komunikasi dansa mereka, yang digunakan untuk memberitahu lebah lain mengenai tempat menemukan makanan dan seberapa lezat rasanya.

Penelitian tersebut mendapati bahwa lebah itu yang digunakan dalam percobaan tersebut bereaksi lebih energik dibandingkan dengan normal."Apa yang kami lakukan pada dasarnya menggunakan kokain sebagai alat untuk lebih memahami cara otak yang kecil tapi sangat rumit ini berfungsi," kata Dr. Andrew Barron dari Macquarie University.

"Apa yang kami temukan ialah bahwa lebah madu bereaksi pada kokain dengan cara yang sangat serupa dengan cara manusia bereaksi, sehingga kokain mengubah cara lemah membuat penilaian," katanya.Barron juga menyatakan serangga itu mulai memperlihatkan gejala penarikan diri ketika mereka mengkonsumsi narkotika tersebut.

"Kami memeriksa kemampuan lebah untuk belajar dan membedakan antara dua aroma yang berbeda," katanya. "Tak ada dampak pada kemampuan belajar selama pengobatan narkotika tersebut dipertahankan, tapi kalau pengobatan dihentikan, lebah itu memiliki kesulitan dalam memahami tugasnya --gejala serupa pada manusia yang melakukan penarikan diri. ant/xinhuanet-oana/kp.mr-republika

Tidak ada komentar: