Senin, 19 Januari 2009

Salurkan Kreativitas Melalui Gelar Senja

By Republika Newsroom
Salurkan Kreativitas Melalui Gelar Senja

POSITIF: Kegiatan positif seperti gelar senja yang diadakan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) diharapkan dapat menghalau hal negatif pada anak dan remaja.

Sempat berhenti selama 10 tahun, acara penurunan Bendera Merah Putih yang dilengkapi dengan berbagai gelaran budaya dan seni serta ajang kreativitas remaja, Gelar Senja kembali dilaksanakan pada 17 Januari 2009 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta.

Manajer Informasi TMII, J Purnawijaya Alibasa mengatakan, tujuan pagelaran itu untuk menggali potensi dan kreativitas remaja Indonesia, juga sebagai jembatan bagi kesenjangan kebudayaan nusantara.

"Indonesia kaya akan budaya, sayangnya budaya itu baru mulai hangat dibicarakan kalau budaya kita di klaim oleh bangsa lain. Taman Mini dengan tema 'Sadar Budaya' ingin menumbuhkan kembali jiwa nasionalisme masyarakat Indonesia dengan mengangkat kembali budaya-budaya Indonesia yang mulai dilupakan masayarakat," ungkapnya di TMII, Jakarta, Minggu (18/1).

Berbagai gelaran seperti drum band, rampak gendang, tari tradisional, tari kreatif dan atraksi militer dimeriahkan oleh anak-anak usia sekolah dasar hingga menengah atas juga defile 8 satuan karya. Tujuannya adalah menghalau budaya negatif yang datang dari luar dengan kreatifitas yang positif bagi remaja.

"Sekarang banyak remaja yang melalukan keegiatan yang kurang produktif, yang sesungguhnya merekja berada di usia produktif. dengan adanya gelar senja diharapkan semangat untuk berkreatifitas dapat meningkat," papar Purnawijaya.

Selain gelaran seni, pertunujakan lain yang dapat menumbuhkan semangat positif dan kecintaan remaja Indonesia pada budayanya sendiri antara lain dengan penampilan satuan karya yang menampilkan bernagai atraksi yang sarat akan nilai disiplin, solidaritas dan patriotisme.

"Daripada anak-anak berkeliran, nongkrong-nongkrong lebih baik mereka berkreasi dengan mengembangkan budaya yang sudah ada. tari-tarian yang digelar pun hasil kreatifitas anak-anak," paparnya sambil menambahkan seharusnya anak-anak terus melakukan kegitan positif dan kreatif di masa produktif.

Sebanyak tujuh ribu anak memadati tugu api TMII 17 Januari untuk menyaksikan Gelar Senja, selain membuktikan kerinduan anak-anak akan acara positif ini juga menunjukan bahwa kepedulian anak akan budaya masih besar.

Gelar Senja akan rutin dilaksanakan tiap tanggal 17 pada setiap bulannya dan akan menampilkan atraksi yang berbeda dan sudah tentu menarik. Bahkan Purnawijaya berharap Parade Senja di Istana Negara dapat digabungkan di TMII. (cr1/ri).mr-republika

Tidak ada komentar: